Malam Ini, Rafly Galang Dana untuk Somalia

Banda Aceh — Sabtu malam ini (21/10), Ikatan Alumni Timur Tengah (IKAT) dan Regional Atjeh Movement (RATM) akan menggalang dana untuk korban bencana kelaparan di Somalia. Acara tersebut dikemas dalam Kegiatan Malam Amal Aceh Peduli Somalia. Acara digelar di Open Stage Haba Cafe, Jalan Teungku Daud Beureueh Banda Aceh pukul 20.30 sampai 23.30 WIB. Hal itu dikatakan Muslim M Daud, Ketua IKAT Aceh dan Chairul Munadi, Regional Leader RATM dalam siaran persnya, Jumat (21/10).

Menurut Muslim M Daud, latar belakang diadakan acara ini sebagai wujud kepedulian terhadap penduduk Somalia. Krisis yang berunjung pada kelaparan massal di Somalia yang telah dimulai sejak 1991/1992. Menurut Food Security and Nutrition Analysis Unit Somalia,  4 juta penduduk mengalami krisis kelaparan, 750,000 orang beresiko mati kelaparan dalam empat bulan ke depan jika tidak ada bantuan segera untuk mereka. 

“Sepuluh ribu orang dari penduduk Somalia telah meninggal akibat kelaparan dan setengah dari mereka terdiri dari anak-anak. Jumlah korban dan penderitaan akan bertambah dan berkepanjangan bila tidak ada bantuan masyarakat dunia untuk mengatasi krisis paling mengenaskan di Negara Tanduk Afrika yang mayoritas penduduknya adalah Muslim,” katanya.

Lebih lanjut Muslim mengatakan, penggalangan dana akan dilakukan dengan cara  menyebarkan kotak amal dan menerima sumbangan langsung dari para dermawan selama acara berlangsung. Acara itu juga akan dimeriahkan dengan penampilan pentas seni tari dari Aceh Model Community, Rafly dengan group band KANDE, dan musikalisasi puisi dari Komunitas Lingkar Pena dan SMP Peukan Bada. 

Lebih lanjut Muslim menegaskan, dana yang terkumpul akan disalurkan secara efektif kepada korban kekeringan dan kelaparan di Somalia dan bekerjasama dengan lembaga terpercaya yang sudah memiliki akses di Somalia.

Kegiatan Malam Amal Aceh Peduli Somalia adalah wujud kepedulian sesama umat Islam dan sesama umat manusia, serta keprihatinan mendalam atas musibah kekeringan dan kelaparan berkepanjangan di Somalia. Juga  sebagai bentuk rasa terima kasih rakyat Aceh kepada masyarakat dunia yang telah memberi perhatian penuh dan bantuan saat terjadi musibah Gempa dan Tsunami di Aceh tahun 2004. “Selain itu, juga sebagai upaya menjalin hubungan persaudaraan Aceh dengan Somalia,” katanya.

“Program keseluruhan Aceh Peduli Somalia akan ditutup satu minggu setelah lebaran Idul Adha dan dana yang terkumpulkan serta penyalurannya akan diinformasikan kepada umum melalui media massa,” demikian Muslim M Daud dan Chairul Munadi.
Share this article :
 
Design By Keude.Net | Support | CSS
Copyright © 2013. Tgk. H. Muslim Muhammad Daud. Lc - All Rights Reserved
08126965634 - 26ED2C34