IKAT Aceh buat pelatihan persiapan kuliah ke Timur Tengah

BEKERJASAMA dengan Fakultas Adab IAIN Ar Raniry dan ICAIOS , Ikatan Alumni Timur Tengah (IKAT) Aceh menyelenggarakan pelatihan Persiapan Kuliah ke Timur Tengah.

Kegiatan tersebut akan berlangsung selama sebulan penuh sejak 6 Mei hingga 5 Juni 2013 mendatang. Pelatihan ini dibuka secara resmi di Aula Fakultas Adab IAIN Ar Raniry kemarin, Senin, 6 Mei 2013.

Dalam pembukaan itu ketua panitia Teungku H. Muhammad Fadhilah, LC mengatakan animo calon mahasiswa ke Timur Tengah sangat besar.

“Sampai saat penutupan pendaftaran, sudah 74 siswa tamatan aliyah, dayah dan pesantren dari seluruh Aceh bahkan luar Aceh yang positif akan ikut serta. Mengenai tempat pelatihan, Insya Allah di Fakultas Adab dan Gedung ICAIOS Darussalam,” ujarnya melalui rilis yang diterima ATJEHPOSTcom hari ini, Selasa, 7 Mei 2013.

Sementara itu Ketua IKAT Aceh, Teungku H. M Fadhil Rahmi, mengatakan pelatihan tersebut bertujuan untuk membimbing calon mahasiswa dalam menghadapi testing masuk ke universitas di Timur Tengah, khususnya Al Azhar Mesir.

“Alhamdulillah tidak seperti tahun-tahun yang lalu. Berkat bantuan dari segala pihak, terutama Ka. Kanwil Kemenag Aceh untuk tahun ini Insya Allah testing akan dilaksanakan di Banda Aceh. Jadi para peminat belajar ke Mesir, tidak perlu jauh-jauh ke Medan. Dan untuk meningkatkan kuantitas kelulusan putra-putri Aceh, kita adakan pelatihan ini,” katanya.

Selain dihadiri para peserta pelatihan, acara pembukaan juga dihadiri oleh para akademisi IAIN seperti  dosen senior IAIN Dr. H. Abdullah Tsani, Pembantu Dekan I Fakultas Adab, Dr. H. Syarifuddin (Cekdin Solong), unsur pimpinan Dayah Darul Ihsan Tgk. Hasan Krueng Kalee, H. Mutiara Fahmi, MA, Direktur Dayah Manyang (Insist) Aceh Utara, Dr. H. Ajidar Matsyah, pimpinan Dayah Daruzzahidin Lamceu, H. Abdul Razak, Lc, Dosen Pascasarjana, Dr. Salman Abdul Muthalleb, Managing Program ICAIOS, H. M. Riza Nurdin, MA, Aktivis LKAS, H. M.Thalal, MA, Mantan Ketua IKAT, H. Muslem Daud dan H. Mughni Affan, MA, Pegiat Dakwah, H. Ahmad Rizal, Lc dan para  dewan penasehat dan anggota IKAT Aceh.

Pembantu Dekan I Fakultas Adab, Dr. Syarifuddin menyambut baik inisiatif IKAT Aceh yang memfasilitasi para calon mahasiswa untuk bimbingan. “Ini langkah maju dari IKAT, dan sangat membantu para calon mahasiswa ke Timur Tengah. Semoga program ini dapat berlangsung secara kontinyu setiap tahunnya,” katanya.

Selanjutnya, dalam kesempatan membuka kegiatan pelatihan secara resmi, H. Mutiara Fahmi, banyak memberi sugesti dan motivasi kepada para peserta terkait dengan tujuan belajar ke Timur Tengah. “Kalau lulus belajar ke Mesir, jadilah Nabi Yusuf atau Nabi Musa, jangan jadi Fir’aun,” katanya.[] ihn

- Atjehpost.com
Share this article :
 
Design By Keude.Net | Support | CSS
Copyright © 2013. Tgk. H. Muslim Muhammad Daud. Lc - All Rights Reserved
08126965634 - 26ED2C34